PELATIHAN SISKEUDES TAHUN 2018

PELATIHAN SISKEUDES TAHUN 2018

Siskeudes Singkatan dari Sistim Keuangan Desa. Pada tahun 2018 Pemerinth Kabupaten Lampung Selatan Melalui Inspektorat mengadakan Pelatihan Siskeudes Tingkat Kecamatan Di Gedung PGRI Kecamatan Penengahan. Peserta Pelatihan terdiri dari Para Oprator Desa, Bendahara Desa serta sekertaris Desa. Dalam Kesempatan yang sama Kepala Inspektorat menyampaikan bahwa Seluruh desa Pada Tahun 2018 Wajib menggunakan Aplikasi ini dalam perencanaan Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Desa.

Kepala PMD menyampaikan bahwa Tahun kemarin PMD di salahkan oleh BPMD Propinsi karena Penyaluran yang terlambat, Namun semua ini terjadi karena dari tingkat desa sndiri  tidak segera melaporkan / Pengajuan Pencairan berupa Proposal.

Adapun sampai bulan juli ini ada sekitar 60 Desa yang belum mencairkan dana Tahap II.  dan sudah ada Desa yang siap mengajukan Proposal pencairan Tahap III, Tetapi karena hal tersebut di atas, akirnya PMD belum bisa mengakomodir Pencairan tahap III. Padahal seharusnya Pada awal Bulan Agustus ini sudah mulai Pencairan Dana Desa Tahap III. Itulah kendala yang di hadapi beberapa desa dalam pencairan danan desa. Padahal Dalam hal ini PMD maupun pendamping desa siap membantu mengurai permasalahan yang di hadapi desa. Ini merupakan Bentuk tanggung Jawab Dinas PMD dalam membantu kelancaran desa dalam Pengelollan Dana Desa yang di Kucurkan Pemerintah.

beberapa hal permintaan PMD terkait terkaitan desa

  1. Agar Sekdes dan Kades Memvasilitasi Pemilihan BPD karena masa jabatan Sudah habis, dan di harapkan bulan agustus sudah masuk semua karena akan segera di terbitkan SKnya
  2. Format Aset yang sudah di kirim Agar di isi sesuai dengan riilnya
  3. Point penting dalam pengelollan Dana Desa agar jangan sampai di abaikan diantaranya adalah ;
    1. Perencanaan harus benar,
    2. Penganggaran harus benar,
    3. Pelaksanaan harus benar,
    4. Penata Usahaan Harus Benar,
    5. Pertanggung jawaban sesuai dengan TUPOKSI,
    6. Pelaporan,

Dalam hal ini kalo Kadus, RT, Sekdes, BPD maupun LPM Kaur maupun KASI harus tau TUPOKSI nya, karena kalo semua sudah berjalan dengan baik maka Kepala Desa akan dengan nyaman dan mudah menjalankan Roda Pemerintahan Desa.

 

Bagikan artikel ini:

Artikel Terkait

Berikan Komentar