Desa Gandri

Kec. Penengahan, Kab. Lampung Selatan
Prov. Lampung

Loading

Desa Gandri

Hari Libur Nasional

Hari Buruh Internasional / Pekerja

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
WEBSITE RESMI DESA GANDRI KECAMATAN PENENGAHAN KABUPATEN LAMPUNG SELATAN ***BUPATI LAMPUNG SELATAN MENINJAU KESIAPAN PANITIA PAW KEPALA DESA GANDRI KAMIS 8 DESEMBER 2022 -- selengkapnya... ***Yuk Simak Perjalanan Sejarah Desa Gandri -- selengkapnya... ***VISI DAN MISI DESA GANDRI -- selengkapnya...

Berita Desa

Kemajuan suatu Desa bergantung pada peran dari kepemimpinan Kepala Desa dalam memimpin para Perangkat Desa. Perangkat Desa yang kompak untuk satu tujuan memajukan desa tentunya akan menjadi penentu keberhasilan Desa tersebut disamping dukungan partisipasi aktif lembaga dan masyarakat desa.

Desa Gandri kecamatan penengahan kabupaten lampung selatan sangat menjunjung tinggi nilai kekompakkan Perangkat Desa untuk mewujudkan Desa yang kondusif dan maju. Kepala Desa Gandri, PURWANTO selalu menanamkan nilai-nilai kebersamaan bagi Perangkat Desa Gandri.

Kebersamaan itu di wujudkan dengan tradisi ‘tilik’ atau jenguk keluarga bila mana ada masyarakat yang sedang sakit. Hal tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Perangkat Desa terhadap masyarakat yang tertimpa musibah sehingga masyarakat pun akan merasa lebih di perhatikan.

Dengan kebersamaan dan kekompakkan tentunya tujuan dari Pemerintah Desa dalam pembangunan akan semakin cepat terwujud. Prinsip 'Rukun Agawe Santosa' benar-benar diterapkan.

Mudah-mudahan tradisi yang diwariskan oleh Perangkat Desa sejak dulu tersebut terus dapat dilestarikan sehingga kekompakkan dan kebersamaan akan terjalin dan dapat bersinergi untuk pembangunan Desa Gandri yang lebih maju. 

Keberhasilan pembangunan Desa Gandri tidak hanya tergantung pada kekompakan Perangkat Desa dan dukungan masyarakat saja, tetapi juga sangat bergantung pada visi dan kepemimpinan yang kuat dari Kepala Desa Purwanto. Dengan menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan kepedulian kepada Perangkat Desa, Purwanto menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan produktif.

Tradisi 'tilik' atau jenguk keluarga yang sedang sakit tidak hanya menjadi simbol kepedulian, tetapi juga menciptakan hubungan yang erat antara pemerintah desa dan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat merasa dihargai dan didukung oleh pemerintah desa dalam setiap kondisi, sehingga memperkuat rasa kebersamaan dan kepercayaan dalam komunitas.

Dengan adanya kebersamaan dan kekompakan yang terjalin, tujuan pembangunan yang diemban oleh Pemerintah Desa akan dapat tercapai dengan lebih cepat dan efisien. Prinsip 'Rukun Agawe Santosa' yang diterapkan tidak hanya menjadi slogan, tetapi juga menjadi pedoman dalam setiap langkah pembangunan yang diambil.

Semoga tradisi yang telah diwariskan oleh Perangkat Desa Gandri dapat terus dilestarikan dan menjadi bagian integral dari budaya dan identitas Desa Gandri. Dengan demikian, kekompakan dan kebersamaan akan terus terjaga dan bersinergi untuk mewujudkan Desa Gandri yang lebih maju dan sejahtera bagi seluruh masyarakatnya.

Dalam melanjutkan perjalanan menuju pembangunan yang lebih maju, Desa Gandri perlu terus mempertahankan dan memperkuat nilai-nilai kekompakan dan kebersamaan yang telah menjadi fondasi keberhasilannya. Hal ini memerlukan komitmen yang kuat dari semua pihak, termasuk Kepala Desa, Perangkat Desa, lembaga, dan masyarakat.

Pemerintah Desa di bawah kepemimpinan Kepala Desa Purwanto harus terus mendorong partisipasi aktif dan keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam setiap program pembangunan. Dengan melibatkan semua pihak, akan lebih mudah untuk merumuskan dan melaksanakan program-program yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi masyarakat.

Selain itu, penting juga untuk terus mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam upaya memajukan Desa Gandri. Kepala Desa dan Perangkat Desa perlu terbuka terhadap gagasan dan masukan dari masyarakat, sehingga dapat menciptakan solusi-solusi yang lebih efektif dan efisien dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan.

Dengan menjaga kebersamaan dan kekompakan, serta mengoptimalkan potensi dan sumber daya yang ada, Desa Gandri akan terus berkembang dan menjadi contoh bagi desa-desa lain di Lampung Selatan maupun di seluruh Indonesia. Semoga semangat gotong royong dan kerja sama yang telah menjadi ciri khas Desa Gandri dapat terus terjaga dan menginspirasi generasi mendatang untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi pembangunan, Desa Gandri juga sudaah mulai menerapan Inovasi Berbasis Digital yang di sebut SMART VILLAGE. Beberapa ide inovatif yang sudah dan akan terapkan adalah:

  1. Sistem Informasi Desa (SID): Desa Gandri dapat mengembangkan SID yang terintegrasi dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat. SID dapat berisi informasi tentang program pembangunan, kegiatan desa, data masyarakat, dan layanan administrasi publik lainnya.
  2. Aplikasi Mobile Desa: Pengembangan aplikasi mobile khusus untuk Desa Gandri dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, mengajukan permohonan layanan, serta berpartisipasi dalam program-program pembangunan. Aplikasi ini dapat mencakup fitur-fitur seperti pengiriman laporan masalah infrastruktur, pendaftaran kegiatan sosial, dan pengingat acara penting di desa.
  3. Pembayaran Pajak Digital: Mengadopsi sistem pembayaran digital untuk pembayaran pajak, retribusi, dan layanan desa lainnya dapat meningkatkan efisiensi administrasi dan memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.
  4. Pusat Layanan Digital: Membangun pusat layanan digital di kantor desa atau tempat strategis lainnya dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki akses internet atau smartphone untuk mengakses layanan digital dan mendapatkan bantuan teknologi.
  5. Monitoring dan Evaluasi Real-time: Menggunakan teknologi sensor dan sistem informasi geografis (SIG) untuk memantau progres pembangunan secara real-time dan mengidentifikasi area-area yang membutuhkan perhatian lebih dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat.
  6. Pelatihan Teknologi bagi Masyarakat: Melaksanakan pelatihan teknologi bagi masyarakat untuk meningkatkan literasi digital dan memungkinkan mereka memanfaatkan layanan dan aplikasi digital dengan lebih efektif.

Dengan menerapkan inovasi-inovasi ini, diharapkan Desa Gandri dapat meningkatkan kualitas layanan publik, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, serta mempercepat pencapaian tujuan pembangunan desa secara keseluruhan.

Dengan mengintegrasikan inovasi digital dalam pembangunan Desa Gandri, kita memasuki era baru yang penuh harapan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat. Melalui semangat kekompakan, kebersamaan, dan pemanfaatan teknologi, kita dapat meraih kemajuan yang lebih besar dan berkelanjutan.

Semoga upaya kita dalam menerapkan inovasi digital ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi seluruh warga Desa Gandri, serta menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk mengikuti jejak dalam memajukan kualitas hidup masyarakat melalui teknologi. Mari kita terus bersatu, berinovasi, dan bekerja sama menuju masa depan yang lebih cerah dan sejahtera untuk Desa Gandri. Terima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak. Ayo majukan Desa Gandri bersama-sama........!

Contributor : SURAHMIN_AZAM

Beri Komentar

CAPTCHA Image

Desa

628

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI628penduduk

629

PEREMPUAN

PEREMPUAN629penduduk

1.257

TOTAL

TOTAL1.257penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

Pemerintah Desa

Kepala Desa

PURWANTO

KASI PEMERINTAHAN

SURAHMIN

KASI PELAYANAN

SIGIT BUDIYANTO

KAUR TU

RITA ANJARSARI

KAUR KEUANGAN

SURANDI, S.Pd.

KEPALA DUSUN 1

HERMAWAN, S.COM

KEPALA DUSUN 2

AGUS WINARTO

KEPALA DUSUN 3

WALNADI

KEPALA DUSUN 4

SURATMAN

PERAWAT DESA

BENY HARIS GUNANZA

KEPALA URUSAN

SUWANDOYO, S.Pd

OPERATOR DESA

CANDRA ADITYA

STAFF UMUM

VENO ERLIANTO, A. Md

KASI PELAYANAN

KASRONI, A. Md

SEKRETARIS DESA

EKSAN, S.A.P

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

0

Orang

Kematian

0

Orang

Masuk

0

Orang

Pindah

0

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

0

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

0

Surat

Bulan Ini

3

Surat

Bulan Lalu

0

Surat

Tahun Ini

3

Surat

Tahun Lalu

2

Surat

Total

14

Surat

Peta Desa

Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 08 Januari 2020 05:58:42
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :
Statistik Pengunjung
Hari ini : 134
Kemarin : 201
Total Pengunjung : 55.321
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.234.244.181
Browser : Tidak ditemukan
KEHAADIRAN
vendor/themes/esensi/widgets/jam_kerja.php
Peta Desa

Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Rapat Lagi

Tgl : 08 Januari 2020 05:58:42
Tempat : Aula Desa
Koordinator :

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 09 April 2020 05:59:18
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :
Statistik Pengunjung
Hari ini : 134
Kemarin : 201
Total Pengunjung : 55.321
Sistem Operasi : Unknown Platform
IP Address : 3.234.244.181
Browser : Tidak ditemukan
KEHAADIRAN
vendor/themes/esensi/widgets/jam_kerja.php

Transparansi Anggaran

APBDesa 2023 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.076.521.421,13Rp. 1.107.909.437,00

97.17%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.108.964.965,50Rp. 1.150.025.270,23

96.43%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 42.115.833,23Rp. 42.115.833,23

100%

APBDesa 2023 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 700.468.000,00Rp. 700.468.000,00

100%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 50.023.500,00Rp. 50.023.500,00

100%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 318.989.164,00Rp. 351.417.937,00

90.77%

Bantuan Keuangan Provinsi

Realisasi | Anggaran

Rp. 6.000.000,00Rp. 6.000.000,00

100%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.040.757,13Rp. 0,00

100%

APBDesa 2023 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 614.583.443,50Rp. 650.067.420,23

94.54%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 119.815.922,00Rp. 125.392.250,00

95.55%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 137.022.000,00Rp. 137.022.000,00

100%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 151.143.600,00Rp. 151.143.600,00

100%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 86.400.000,00Rp. 86.400.000,00

100%
Pemerintah Desa

PURWANTO

Kepala Desa

SURAHMIN

KASI PEMERINTAHAN

SIGIT BUDIYANTO

KASI PELAYANAN

RITA ANJARSARI

KAUR TU

SURANDI, S.Pd.

KAUR KEUANGAN

HERMAWAN, S.COM

KEPALA DUSUN 1

AGUS WINARTO

KEPALA DUSUN 2

WALNADI

KEPALA DUSUN 3

SURATMAN

KEPALA DUSUN 4

BENY HARIS GUNANZA

PERAWAT DESA

SUWANDOYO, S.Pd

KEPALA URUSAN

CANDRA ADITYA

OPERATOR DESA

VENO ERLIANTO, A. Md

STAFF UMUM

KASRONI, A. Md

KASI PELAYANAN

EKSAN, S.A.P

SEKRETARIS DESA